Tempat Melihat Bunga Sakura Rahasia di Kyoto

June 2, 2021
Tempat Melihat Bunga Sakura Rahasia di Kyoto

Tempat Melihat Bunga Sakura Rahasia di Kyoto – Banyak orang yang mengunjungi Jepang pada musim semi melakukannya untuk melihat bunga sakura yang indah dan ikonik, yang juga dikenal sebagai “sakura” dalam bahasa Jepang. Jika menurut Anda tempat-tempat populer seperti Kuil Daigo-ji dan Taman Maruyama terlalu ramai dengan orang-orang sehingga tidak dapat sepenuhnya menikmati bunga sakura dengan damai, cobalah salah satu tempat rahasia ini yang masih belum diketahui oleh kebanyakan turis tidak hanya dari luar negeri tetapi bahkan dari Jepang atau Kyoto sendiri!

Kuil Uho-in

Konon Kuil Uho-in kuno dibangun lebih dari 1.000 tahun yang lalu. Di Kyoto, pohon sakura biasanya diperkirakan mekar pada awal April, tetapi tempat ini mekar terlambat menurut standar Kyoto: puncak musim mekar adalah pertengahan April hingga akhir April, seperti Omuro Sakura di Kuil Ninna-ji yang lebih terkenal, yang terkenal dengan bunga sakura terbaru di Kyoto. Di sini, area sempit berkanopi dengan bunga sakura, dan segala sesuatu di sekitar Anda berwarna merah jambu, di mana pun Anda memandang. Ditambah lagi, ada banyak spesies pohon sakura langka dengan kelopak berlapis-lapis, seperti Kannon, Kanki, dan Shogetsu, dan melihat semuanya mekar bersama pada saat yang sama sungguh menakjubkan. slot88

Selain itu, di dekat gerbang kuil, Anda juga bisa mengagumi Gyoinko yang sangat langka, sejenis pohon sakura yang bunganya berwarna hijau muda. Meski terkenal dengan pohon sakura yang indah, kuil ini tidak memiliki banyak pengunjung, jadi tempat ini pasti tempat yang bagus untuk turis. Periode mekarnya tidak bertepatan dengan musim bunga sakura biasa, dan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah setelah sebagian besar wisatawan Kyoto pergi. Pergi pada hari kerja untuk mendapatkan sendiri semua pohon sakura yang mekar sepenuhnya, dan Anda akan merasa seperti orang paling beruntung di dunia.

Kuil Rokkaku-do

Berdekatan dengan Kawaramachi, yang merupakan distrik perbelanjaan utama Kyoto dan tempat kelahiran ikebana (seni merangkai bunga), Kuil Rokkaku-do berada di jantung kota, dan berjarak 5 menit berjalan kaki dari Stasiun Karasuma di Jalur Hankyu. Dianggap sebagai titik paling tengah Kyoto, tempat ini ditandai dengan batu heksagonal yang disebut “hesoishi”, dan ini adalah tempat peristirahatan yang populer tidak hanya di kalangan wisatawan tetapi juga penduduk setempat dan orang-orang yang bekerja di lingkungan tersebut.

Namun, hanya sedikit pengunjung yang datang ke kuil untuk melihat pohon sakura. Salah satu alasannya mungkin karena, dibandingkan dengan tempat sakura yang terkenal, pohon sakura ini mulai mekar sedikit lebih awal, pada akhir Maret. Di dalam kuil, Anda akan menemukan Miyuki Sakura, yaitu sejenis pohon sakura yang kelopaknya berubah menjadi merah setelah mekar. Hanya ada segelintir pohon yang ditanam di area tersebut, tetapi berjalan di bawah pancuran merah muda yang tercipta dari bunga sakura akan menjadi sorotan kunjungan Anda.

Kuil Kumano Nyakuoji Jinja

Filsuf Kitaro Nishida biasa berlatih meditasi sambil berjalan di sepanjang cabang Terusan Danau Biwa ini, dan itulah mengapa jalan ini dinamai “Tetsugaku-no-michi”. Seluruh 2 km dari jalur sempit ini dipagari dengan pohon sakura yang menciptakan terowongan yang menakjubkan, yang dilewati ribuan turis setiap musim semi. Di sisi selatan Jalan Filsuf adalah Kuil Kumano Nyakuoji Jinja, dan tidak semua orang tahu bahwa kuil itu menyembunyikan bukit yang dihiasi pohon sakura. Jika Anda terus berjalan di sepanjang jalan yang menanjak di belakang kuil utama, melewati tanda “Taman Bunga Sakura”. Dari sana, Anda akan menemukan diri Anda dalam pemandangan surealis, dikelilingi oleh banyak pohon sakura yang mengangkat cabang-cabangnya yang mekar ke arah langit.

Ini disebut Yoko Sakura, spesies unik yang cabang pohonnya tumbuh lurus ke arah matahari. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah sedikit lebih awal daripada Somei Yoshino dari Philosopher’s Path, yang puncak musimnya adalah awal April; pohon sakura ini mekar antara akhir Maret dan awal April. Saat mereka mekar sepenuhnya, kontras antara kelopak merah muda gelap dan langit biru sangat menakjubkan. Bukit kecil ini sama sekali tidak ramai, dan Anda tidak akan percaya Jalan yang berisik dan padat hanya berjarak beberapa langkah. Anda dapat menikmati sakura yang indah ini sesuka Anda, sambil melihat pemandangan kota Kyoto di bawah.

Kuil Shinnyo-do

Anda mungkin pernah mendengar tentang Kuil Shinnyo-do sebagai salah satu tempat wisata musim gugur di Kyoto, tetapi belakangan ini juga semakin dikenal sebagai tempat sakura! Bagi turis Jepang yang mengasosiasikan kuil dengan dedaunan musim gugur yang berwarna-warni, sulit bagi mereka untuk membayangkannya dengan bunga sakura, sehingga pengunjung di musim semi lebih sedikit daripada di musim gugur. Beberapa spesies sakura menghibur para pengunjung kuil ini: Somei Yoshino Sakura menyambut Anda di aula utama, pagoda bertingkat 3 dibingkai oleh pohon sakura yang indah, dan ada juga Sakura Tatekawa, dinamai demikian untuk kulit kayu vertikal (= ” tatekawa “) di bagasi. Plus, semua pemandangan sakura yang indah ini gratis! Tempat ini wajib dikunjungi di musim semi dan musim gugur.

Saat berada di sana, Anda juga dapat menikmati pohon sakura di Kuil Munetada Jinja, yang berada di depan gerbang utama Shinnyo-do, atau di Kuil Konkai Komyo-ji, keduanya sangat disukai oleh penduduk setempat. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk berjalan-jalan santai jauh dari keramaian dan hiruk pikuk.


Lauren Ramirez